Sering Marah? Hal ini dapat Memicu munculnya Penyakit Mematikan

    0 Komentar

    Semua orang pasti pernah marah, marah merupakan perasaan dimana emosi seseorang meningkat ketika menghadapi suatu hal yang tidak menyanangkan. Setiap orang pasti pernah marah, baik itu dalam skala kecil atau besar. Marah tergolong sebagai emosional yang tidak baik karena seringkali berakhir dengan peristiwa yang buruk, mulai dari perkelahian hingga pembunuhan bisa terjadi ketika seseorang sedang marah.

    Selain itu marah juga ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Tanpa kita sadari, saat marah tubuh akan mengeluarkan energi yang jauh lebih besar dari biasanya. Hal ini jika terus terjadi dalam kurun waktu yang lama, ini dapat memicu berbagai macam penyakit mulai dari strees hingga penyakit yang sangat parah dan mematikan. Sahabat Xmome.com, berikut ini adalah sedikit ulasan tentang dampak buruk pada kesehatan bagi orang yang sering marah:

    Memicu munculnya Stress

    Naiknya emosi serta tensi dalam tubuh saat marah membutuhkan banyak energi. Sayangnya energi yang banyak ini, keluar tanpa kita sadari. Hal ini secara tidak sadar akan nembuat kita lelah dan merasa tertekan setelah marah.

    Perasaan tertekan ini jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan memicu ketidakstabilan emosi yang berujung pada munculnya Stress. Hal ini tentu berbahaya karena stress merupakan pintu masuk bagi berbagai penyakit yang berbahaya.

    Serangan Jantung

    Serangan jantung merupakan salah satu momok paling mengerikan bagi semua orang, penyakit ini bahkan merupakan pembunuh manusia nomer satu di dunia. Serangan jantung yang kerap datang secara tiba-tiba membuat penyakit ini sering kali tidak mendapatkan penanganan yang tepat hingga berujung pada kematian.

    Banyak faktor bisa menjadi pemicu serangan jantung, salah satunya adalah marah. Saat marah, detak jantung akan meningkat drastis dalam tempo yang singkat. Detak jantung ini juga akan terus naik selama seseorang marah. Hal inilah yang kemudian akan memicu serangan jantung.

    Insomnia

    Saat marah, tanpa kita sadari akan banyak perubahan hormon dalam tubuh. Hormon dalam tubuh yang bergejolak secara tidak stabil ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Insomnia atau ganguan tidur.

    Perubahan hormon dalam tubuh saat kita marah, akan memunculkan perasaan dongkol dalam hati. Perasaan inilah yang akan terus muncul di pikiran dan membuat kita sulit untuk tidur.

    Darah Tinggi Dan Sakit Kepala

    Meningkatnya detak jantung saat kita marah juga dapat membuat tekanan darah naik dengan cepat. Hal ini biasanya disebut “darah tinggi”, saat tekanan darah meningkat biasanya tubuh akan terasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini biasanya terjadi di daerah tengkuk leher yang kemudian bisa memicu sakit kepala. Ini bisa terjadi karena saat tekanan darah meningkat, maka pembuluh darah yang ada di otak akan berdenyut liar. Setelah marah, biasanya orang akan merasa pusing dan pegal di area sekitar tengkuk leher. Naiknya tekanan darah ini juga berbahaya bagi jantung dan dapat memicu kerusakan permanen.

    Penyakit Asma

    Asma merupakan salah satu penyakit kronis atau yang biasanya muncul dalam jangka panjang. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang ditandai dengan munculnya sesak di dada dan kesulitan untuk bernafas. Penyebab kemunculan penyakit ini sebenarnya belum bisa di pastikan secara rinci. Banyak faktor bisa memicu munculnya asma mulai asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan tingginya tingkat amarah seseorang.

    Marah dapat memicu gangguan pernafasan, saat orang marah maka ia akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini jika terulang secara terus-menerus dapat memicu munculnya penyakit asma.

    Stroke

    Seperti yang sudah di bahas di poin ke 4, saat marah peredaran darah pada pembuluh darah otak akan menjadi liar. Nah, hal ini bisa juga membuat pembuluh darah di otak pecah akibat besarnya tekanan yang ada. Kalau sudah begini maka bisa di tebak apa yang akan terjadi. Saat pembuluh darah pada otak pecah maka tubuh akan mengalami kelumpuhan pada sebagian tubuh kita.

    Kondisi seperti inilah yang dikena dengan sebutan Stroke, salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Stroke merupakan penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, butuh waktu yang sangat lama untuk kembali memulihkan tubuh yang telah lumpuh. Itupun belum tentu pulih seratus persen, belum lagi ancaman kematian yang selalu mengintai. Jadi lebih baik jaga amarah dan emosi kita agar tidak mengalami penyakit yang mematikan ini.

    Ads by Xmome.com

    Tinggalkan Komentar Anda

    Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!