Asal usul Bahasa Daerah di Indonesia

    0 Komentar

    Indonesia punya banyak suku. Suku yang tinggal di daerah Jawa punya bahasa yang berbeda dengan suku yang tinggal di daerah Sulawesi. Kira-kira, kenapa bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda? Bagaimana asal-usulnya? Kita cari tahu bersama, yuk!

    Austronesia

    Konon, beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia berasal dari rumpun bahasa Austronesia. Misalnya, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Aceh, Bahasa Madura, Bahasa Batak, dan Bahasa Bali. Bahkan, Bahasa Indonesia juga berakar dari rumpun bahasa Austronesia, lo, Teman-teman. O iya, Rumpun bahasa Austronesia tersebar ke negara lain, seperti Hawaii, Madagaskar, dan Filipina. Jadi, rumpun bahasa ini tak hanya ada di Indonesia.

    Berubah-Berubah

    Beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia memang berasal dari suku Austronesia. Namun, bahasa di setiap suku dan daerah selalu berubah dari waktu ke waktu. Nah, perubahan itulah yang membuat bahasa di setiap daerah berbeda. Perubahan yang terjadi dalam sebuah bahasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, migrasi, pertemuan dengan bangsa lain yang menggunakan bahasa berbeda, hingga perkembangan teknologi.

    Nah, Teman-teman, kira-kira begitulah asal-usul bahasa daerah di Indonesia. Sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda?

    Ads by Xmome.com

    Tinggalkan Komentar Anda

    Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!