10 Tips untuk Kamu yang Mengelola Personal Blog

    0 Komentar

    Seiring perkembangan Blogger seperti sekarang ini banyak yang menjadikan blognya sebagai tempat bisnis atau sebagai salah satu sumber penghasilan, namun bagaimana bila bisnisnya adalah blogger-nya sendiri? Personal blog, blog yang cocok untuk blogger tertentu yang memiliki nilai unik terhadap dirinya dimana dapat membuat banyak orang mau untuk mengikuti perkembangan update dari blogger tersebut. Kenapa begitu? banyak orang mengira kalau personal blog itu adalah blog yang mudah untuk dijalankan, padahal justru sebaliknya, dibandingkan dengan niche blog yang topiknya fokus dan terarah, personal blogger justru ditekankan untuk terus menggali kreatifitasnya agar blog yang dijalankan tidak membosankan dengan topik-topik yang dipilih sesuai dengan kesukaan si blogger.

    Sebelumnya apa sih pengertian personal blog?

    Tanpa memperhatikan fokus dari si blogger ketika membuat blog, inti dari personal blog adalah keinginan anda untuk berkomunikasi dengan audiens yang luas untuk mencapai sebuah goal personal anda.

    Anda ingin membuat personal blog yang bisa memiliki suara sendiri diantara jutaan personal blog yang ada? Kali ini Xmome.com punya tips untuk personal blogger yang mungkin bisa menambah knowledge anda sebagai blogger.

    Apa saja tips untuk personal blogger?

    1. Personal Blog bukan Diary

    Ketika banyak orang berpikir bahwa personal blog lebih mirip dengan diary, saya justru menyatakan tegas bahwa personal blog tidak seharusnya menjadi diary anda. Kenapa? Karena anda mengundang banyak orang untuk membaca dan memahami apa yang anda buat di blog anda. Mengertikan? Ketika konten anda sudah di publikasikan, maka konten tersebut secara otomatis akan dinikmati oleh komunitas reader anda. Di internet, blog anda blog adalah sebuah rekaman publik yang akan terus hidup (terkecuali server-nya dimatikan, atau anda menghapus blog anda). Blog memfasilitasi anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang, tentu anda tidak ingin membagikan pengalaman personal anda yang bersifat privasi terhadap banyak orang bukan? Terlebih lagi, bila anda memperlakukan blog anda sebagai diary, seberapa banyak orang yang berminat untuk melihat, membaca, dan mengikuti aktivitas anda bila mereka tidak benar-benar mengenal anda.

    2. Jangan Berpura-pura menjadi Orang yang sebenarnya bukan Anda

    Apa passion anda? anda tentunya tidak mungkin membuat blog personal ber-genre fashion dan make up dimana sehari-hari anda justru anda sangat malas menggunakan make up dan peduli dengan apa yang anda pakai bukan? bila anda tidak benar-benar menyukai topik anda, anda akan cepat merasa bosan dan beban bukan? sehingga reader anda juga akan meninggalkan anda satu persatu.

    Tunggu deh, kalau fashion blog, make up blog, blog rumah tangga, dan lainnya berarti masuk niche blog dong, bukan personal? Begini, personal blog bisa menjadi sebuah niche blog. Kenapa? ada niche blog yang memang dibuat untuk tujuan niche tersebut tanpa membawa embel-embel si blogger-nya dan ada pula niche blog yang membawa suara si blogger (personal blog). Jadi saya anggap anda mengerti ya sekarang, ada personal niche blog dan ada niche blog.

    3. Temukan Value Diri Anda

    Apa yang menonjol dari diri anda? bila anda tidak tahu, tanya teman-teman anda. Manfaatkan hal yang menonjol dalam diri anda tersebut sebagai bumbu suara didalam blog anda sehingga blog anda memiliki keunikan tersendiri. Tentunya value dari hal menojol tersebut harus sesuatu yang positif. Rangkul value dan keunikan tersebut dan gali lebih dalam sehingga anda juga bisa mengenal diri anda lebih baik.

    4. Gunakan Style Anda sendiri

    Banyak personal blogger yang terlalu berusaha keras untuk menjadi lucu, padahal mungkin blogger tersebut sangat paham bahwa dia tidak bisa melucu. Anda tidak bisa melawak di blog tidak masalah, apa yang anda bisa? anda harus cari dan punya jawabannya. Gunakan style suara anda sendiri pada setiap konten blog anda, sehingga lama kelamaan reader anda akan sangat mudah mengenali style anda. Anda puitis? gunakan keahlian putis anda pada setiap konten yang anda buat. Hal ini berlaku untuk semua blogger, tidak hanya personal blogger saja tentunya.

    5. Be the Aproachable One

    Apa maksudnya? jadi seorang blogger yang mudah didekati oleh reader. Pasti akan ada saja reader yang benar-benar menyukai blog anda. Jadilah blogger yang bisa berkomunikasi dan sebisa mungkin untuk responsif dengan reader.  Tersambungkan dengan blogger-blogger lainnya dimana tentu saja hal ini akan menguntungkan anda.

    6. Belajar Personal Branding dan Blogger Branding

    Apapun alasan anda untuk menjadi blogger, baik anda melakukan blogging karena anda suka atau anda melakukan blogging karena anda ingin mejadikannya sebagai karir, anda harus ingat bahwa anda adalah brand dari blog anda. Buat stadardisasi brand untuk blog anda, hire seorang web designer untuk mempercantik blog anda. Buat konsistensi aturan untuk blog dan sosial media anda. Membuat standardisasi brand untuk anda sendiri akan bermanfaat sebagai guide anda untuk berkembang sebagai personal blogger. Tentu saja membesarkan sebuah brand memerlukan waktu, namun dengan konsistensi dan komitmen tentu semuanya akan terbayarkan.

    7. Mulai benahi Sosial Media Anda

    Dengan adanya sosial media saat ini, tentu saja kita merasa mudah sekali untuk berbagi dan menyebarkan sesuatu. Namun bila anda benar serius ingin menjadi seorang personal blogger, anda harus mulai bisa memilih-milih apa saja yang pantas untuk berada di profile sosial media anda, apa saja yang pantas untuk anda bagikan. Hal ini tentu saja bukan untuk membuat anda menjadi jaim (jaga image), tentu saja anda tetap bisa melakukan argumentasi di sosial media terhadap suatu topik tertentu yang menarik perhatian anda. Namun anda tetap harus bisa menjaga profesionalitas anda.

    8. Jangan pernah berhenti untuk Mengembangkan diri Anda

    Banyak orang ketika merasa sudah berhasil mereka merasa cukup. Rasa syukur tentu saja wajib untuk kita miliki sebagai ekspresi kita untuk berterimakasih kepada Tuhan, namun jangan pernah merasa cukup untuk mengembangkan diri anda, untuk memperdalam ilmu apapun yang menarik untuk anda, untuk menggeli kemampuan anda. Tetap anggap diri anda “tidak tahu apa-apa” sehingga anda tidak akan pernah berhenti untuk mengenal sesuatu. Seperti kata Steve Jobs, stay hungry, stay foolish.

    9. Belajar untuk Membangun sebuah Komunitas

    Kenapa? karena anda-lah yang akan membangun komunitas untuk reader anda. Belajar bagaimana cara untuk membuat mereka tetap loyal dengan blog anda dan tentu saja dengan anda sendiri. Cari semua informasi tentang bagaimana cara membangun dan mengikat seuah komunitas agar solid dan kuat. Tentu saja itu bukan sebuah ilmu yang percuma bukan?

    10. Jadikan Menginspirasi banyak Orang sebagai salah satu Gol Anda

    Blogger-blogger yang telah sukses, mereka telah menemukan jalan untuk berbagi cerita mereka. Mereka telah membangun sebuah komunitas yang loyal dan menginspirasi komunitas tersebut. Jadikan hal ini sebagai salah satu goal hidup anda. Dengan menginspirasi banyak orang tentunya kita tidak akan meras rugi bukan? kita justru akan membantu banyak orang untuk membukakan sedikit jalan hidupnya sendiri-sendiri yang terbaik untuk mereka.

    Bagaimana? Anda sudah mulai ingin bergerak untuk menjadi seorang personal blogger yang lebih baik? Ayo kita mulai dari sekarang.

    Ads by Xmome.com

    Tinggalkan Komentar Anda

    Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!